Cara Menghitung Masa Subur Wanita


Cara Menghitung Masa Subur Wanita
Cara Menghitung Masa Subur Wanita. Hamil ialah suatu waktu dimana terjadinya pembuahan pada rahim seorang perempuan sampai terlahirnya seorang bayi. Terjadinya kehamilan saat seorang perempuan berhubungan intim dengan laki-laki pada masa ovulasi (masa subur)lalu sperma laki-laki akan membuahi sel telur yang telah matang perempuan. Kehamilan ialah sebuah kejadian yang dinanti-nantikanoleh pasangan suami istri yang menginginkan kehariran momongan dalam keluarganya. Melalui kehadiran si kecil, maka keluarga akan dihiasi canda tawa keriangan si kecil. Akan tetapi, terkadang ada pasangan suami istri berputus  asa karena harapan kehamilan yang diharapkan belum jua kunjung hadir. Jika anda termasuk dalam golongan ini ada baiknya anda membaca artikel tentang tips cara cepat hamil ini.

Masa subur amat besar artinya untuk pasangan suami istri yang mengharapkan kehamilan ataupun bagi anda pasangan suami istri yang hendak menunda kehamilan.
Berikut ini cara yang bisa digunakan untuk mengitung masa subur anda.

Menggunakan sistem kalender

Untuk anda yang mempunyai siklus haid yang teratur, masa subur terjadi pada hari ke 13 sampai 15 hari sebelum tanggal haid yang akan datang.
Untuk anda yang mempunyai siklus haidn yang tidak teratur, disyaratkan dicatat panjang siklus haid paling tidak selama 6 kali siklus haid.

Jumlah hari pada siklus yang terpanjang, dikurangi 11 maka diperoleh masa subur terakhir pada siklus menstruasi tersebut. Sedang jumlah hari pada siklus yang terpendek dikurangi 18, maka didapat hasi hari subur yang pertama pada siklus mesntruasi tersebut. Contoh : siklus yang terpanjang = 32, sedangkan siklus yang terpendek = 27, maka masa subur bisa dihitung, 32 - 11 = 21, dan 27 - 18 = 9, sehingga masa subur terjadi di hari ke 9 sampai dengan  hari ke 21.
Penggunaan Tools Penghitung Masa Subur

Pada masa kini ada beberapa tool/software yang dapat dimanfaatkan untuk menghitung masa subur. Anda bisa mendapatkan tool tersebut secara gratis jika anda membeli buku karangan dari dr. Rosdiana Ramli, SpOg yang berjudul cara cepat hamil. Anda bsa mendapatkannya disini

Demikian tadi pemaparan tentang Cara Menghitung Masa Subur Wanita
semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda

Ranking: 5

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

 
© Dimana Lagi All Rights Reserved